2 Langkah Kurangi Garam pada Ikan Asin

image
Mar03

2 Langkah Kurangi Garam pada Ikan Asin

2017-03-17 13:07:14 0 Comments

Di Indonesia, makan ikan asin bukan hal yang istimewa. Menu ini sudah jadi konsumsi harian, apalagi bagi masyarakat menengah ke bawah dan bagi mereka yang menggemarinya. Makan ikan asin setiap hari sebenarnya tidak terlalu baik bagi kesehatan. Alasannya, kandungan garam yang terlalu tinggi. Apalagi untuk penderita hipertensi.

Tetapi bagi jika tetap ingin mengkonsumsinya tidak masalah. Kurangi saja kandungan garam yang ada dengan dua langkah mudah. Langkah ini tidak mengurangi kenikmatan menyantap ikan asin lho, jadi tak perlu khawatir.

Baca juga : 3 Masakan Indonesia yang Makin Hits

Rendam dengan Larutan Garam.

Kok bisa mengurangi asin, dengan larutan garam? Ya bisa dong. Karena, dengan merendam ikan ke dalam larutan garam dengan konsentrasi lebih rendah, maka akan terjadi aliran garam dari konsentrasi tinggi ke dalam konsentrasi rendah yang ada pada air.

Proses ini akan berhenti saat kedua konsentrasi ini memiliki keseimbangan yang sama. Sudah pasti kadar garam pada ikan bakal berkurang, sedangkan kadar garam pada air akan naik. Caranya, cuci ikan asin dengan air mengalir sampai bersih. Untuk 1 kg ikan asin, larutkan 1 sdm air garam dengan 2 liter air, lalu aduk hingga garam larut merata. Rendam ikan asin selama 15 menit. Bila ingin menghasilkan kadar asin yang lebih rendah lagi, ulangi proses ini.

Rendam dengan kertas buram.

Masyarakat Indonesia umumnya untuk mengurangi kandungan garam pada ikan asin menggunakan kerta koran. Padahal cara ini sangat berbahaya, karena terdapat kandungan tinta yang dapat terserap oleh ikan. Sebagai penggantinya, gunakan kertas roti atau kertas buram bersih.

Caranya, cuci ikan asin di air mengalir hingga bersih. Rendam ikan asin ke dalam air tawar bersih lalu tutup seluruh permukaan rendaman dengan kertas. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air mengalir dan tiriskan. skm

Share

Comments

Leave a comment