Beda Jenis Beras Beda Menu

image
Jun06

Beda Jenis Beras Beda Menu

2019-06-08 10:08:57 0 Comments

Memilih beras yang tepat menjadi salah satu kunci kesuksesan membuat makanan. Untuk itu, pilihlah beras yang tepat sesuai kebutuhan makanan yang ingin Anda buat. Karena beda jenis beras, beda menu.

Kenikmatan suatu makanan yang berbahan dasar beras tanpa disadari dipengaruhi jenis beras yang digunakannya. Beras pera misalnya memang identik digunakan pada beberapa jenis olahan santapan yang membuatnya jadi lebih nikmat.

Seperti halnya nasi uduk yang menjadi favorit sarapan banyak orang ini biasanya disuguhkan dengan berbahan dasar beras pera. Meski pera, ternyata justru dari situlah sumber kenikmatan yang ditawarkan nasi uduk lho. Apalagi, pembuatan nasi uduk ini menggunakan daun pandan dan kunyit saat dimasak sehingga menambah citarasa kenikmatan sajian tersebut. Mereka yang menyantapnya bahkan tak memedulikan lagi kalau ternyata makanan tersebut dibuat dari beras pera.

Lalu, suguhan lainnya yang tak kalah nikmat berbahan dasar beras pera yakni nasi kebuli. Hmm, bagi pecinta hidangan nasi berbumbu, nasi kebuli menjadi salah satu yang difavoritkan tentunya. Walau menyuguhkan nasi pera tetapi kelezatan nasi kebuli begitu tak terkira. Apalagi, nasi kebuli dimasak dengan bumbu-bumbu khas dan campuran kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin dimana membuat kenikmatannya makin kentara.

Nah, bagaimana dengan beras pulen? Beras pulen biasanya banyak digunakan untuk makanan yang bertekstur lembut seperti bubur, lontong, dan nasi liwet. Seperti diketahui, untuk menghasilkan bubur yang bagus dan enak memang tidak sembarang beras bisa digunakan. Salah satunya yang perlu dipilih yakni penggunaan bahan baku beras pulen agar hidangan bubur nikmat.

Baca juga : Rahasia Kue Kering Lembut dan Renyah

Tak berbeda dengan bubur, pembuatan lontong pun sebaiknya menggunakan beras pulen yang berkualitas. Hal ini penting sebab beras pulen dapat membantu menciptakan tekstur lembut pada lontong serta menghadirkan rasa lontong yang lezat.

Nasi liwet pun demikian. Bagi Anda yang ingin membuat hidangan tersebut tentunya harus memerhatikan penggunaan beras yang digunakan. Sangat disarankan untuk menggunakan beras pulen agar sajian nasi liwet yang dihasilkan pulen dan lengket. Jangan keliru lagi dalam memilih beras untuk hidangan favorit ya :) 


Share

Comments

Leave a comment