Bikin Tempe Ungkep Bumbu Ketumbar Enak

image
Mar03

Bikin Tempe Ungkep Bumbu Ketumbar Enak

2019-03-24 13:37:02 0 Comments

Dalam segala suasana, olahan tempe selalu sukses menggugah selera. Tak heran kalau makanan enak ini jadi sahabat setia di meja makan siapapun. Mumpung weekend bikin tempe ungkep bumbu ketumbar yuk.

Murah, praktis, dan lezat. Apalagi kalau bukan tempe. Makanan yang satu ini memang terkenal murah dan nikmat. Apa pun resep yang dibuat, tempe selalu menjadi makanan favorit semua keluarga.

Dan, salah satu resep olahan tempe yang biasanya menjadi kesukaan banyak orang yakni tempe ungkep. Selain mudah pengolahannya, tempe ungkep juga dapat bertahan lama sebagai pasokan makanan di rumah.

Diantara berbagai resep olahan tempe, tempe ungkep bumbu ketumbar menjadi salah satu resep yang patut kamu coba. Paduan rempah-rempah yang ada di dalamnya dapat menjadi citarasa tersendiri yang membuat siapapun ketagihan.

Baca juga : Nasi Uduk Jakarta, Bikin Makan Tak Bersisa

Namun cukup mencampurkan ketumbar, bawang putih, kunyit, dan garam lalu kamu dapat merebus tempe bersama bumbu-bumbu tersebut hingga meresap. Setelah matang, kamu dapat menggorengnya langsung atau menyimpan tempe ungkep bumbu ketumbar di dalam kulkas untuk dinikmati kapanpun.

Oh iya, agar tempe ungkep tahan lama, sebaiknya kamu memilih tempe yang berkualitas saat membelinya. Perhatikan pula tekstur tempe yang diselimuti serabut kecil berupa jamur berwarna putih susu apakah terlihat halus atau tidak. Jika tekstur jamurnya halus maka tempe masih dalam keadaan segar. Jika tidak, sebaiknya hindari membeli tempe tersebut.

Kemudian, kamu juga dapat memilih tempe yang memiliki aroma yang masih segar yakni aroma harum kedelai fermentasi yang khas. Kamu juga perlu mengecek tempe dengan menyentuhnya dan rasakan apakah masih terasa hangat. Jika tempe berkualitas, biasanya tempe akan terasa segar dan hangat di tangan. Sementara tempe yang tidak segar tak akan terasa hangat.

Oh ya, bagi kamu yang ingin mengolah tempe beberapa hari ke depan, sebaiknya memilih tempe dengan kondisi kedelai yang belum menyatu. Kemudian, tempe tersebut dapat kamu simpan dan mengolahnya setelah benar-benar matang.

Membuat tempe bertahan lama juga dapat dilakukan dengan menyimpan tempe ke dalam kulkas. Segeralah masukkan tempe yang sudah dibeli ke dalam kulkas agar proses ferementasi jamur terhambat karena suhu dingin di kulkas. Alhasil, tempe bertahan lama dan tidak mudah membusuk. Selamat mencoba! skm

Share

Comments

Leave a comment