Gado-gado, Makanan Otentik yang Disukai Ekspatriat

image
Okt10

Gado-gado, Makanan Otentik yang Disukai Ekspatriat

2019-10-22 04:31:53 0 Comments

Siapa tak kenal gado-gado? Makanan lezat nan sehat satu ini sangat terkenal hingga ke pelosok negeri. Bahkan makanan otentik ini disukai ekspatriat. Kuliner yang disebut-sebut sebagai saladnya orang Indonesia oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia ditetapkan sebagai makanan nasional.

Makanan Otentik Indonesia

Gado-gado merupakan makanan otentik khas Indonesia yang sudah dikenal sejak lama. Namun hingga saat ini, belum ada yang tahu pasti mengenai asal usul makanan ini. Berdasarkan penelusuran sejarah, ada beberapa versi mengenai sejarah makanan ini. Versi pertama mengatakan, penemu gado-gado merupakan masyarakat Tugu, yang merupakan keturunan Portugis. Di sana mereka melestarikan budaya dan kuliner, salah satunya gado-gado. Kata gado-gado sendiri berasal dari bahasa Portugis gadu yang artinya makanan yang dicampur-campur.

Sedangkan versi lain menyatakan, gado-gado diciptakan orang Tionghoa sebagai modifikasi dari pecel Jawa yang disesuaikan dengan lidah mereka. Konon kabarnya, orang-orang Belanda yang ada di Betawi pun sangat menggemari gado-gado buatan mereka itu. Alhasil, gado-gado sudah sangat identik sebagai kuliner khas Betawi hingga saat ini. Gado-gado Betawi ini pun sudah sangat popular sejak tahun 1950-an.

Tak hanya itu, hingga saat ini gado-gado bisa ditemui di seluruh pelosok Nusantara dengan rasanya yang khas dan tidak berubah sejak dahulu. Itulah sebabnya makanan ini didapuk sebagai makanan otentik khas Indonesia.

Disukai Ekspatriat Mancanegara

Selain rendang, ternyata ada makanan lain yang banyak disukai orang bule lho. Makanan tersebut adalah gado-gado. Banyak bule yang mengakui kalo gado-gado merupakan makanan yang enak untuk disantap. Mengapa?

Usut punya usut, para bule ternyata sangat menyukai bumbu kacang yang menjadi ciri khas gado-gado. Bahkan sampai-sampai para bule ngegadoin bumbu kacangnya saja lho! Tekstur bumbu kacang yang khas karena diulek langsung ini sangat cocok dengan lidah para bule. Apalagi penyajian gado-gado ini hampir mirip seperti salad. Potongan sayuran yang terdiri dari mentimun, tauge, kacang panjang, jagung, bayam, kangkung, tahu, dan tempe ini disiram dengan ulekan bumbu kacang dan cabai membuat makanan ini terasa lezat.

Baca juga : Ayam Geprek, Tetap Hits

Bahkan salah satu musisi dunia, Matt Scannel, vokalis band Vertical Horizon ini sempat mengatakan ingin tinggal di Indonesia hanya untuk menyantap gado-gado setiap hari. Tak hanya itu, chef kenamaan Inggris, Jamie Oliver baru-baru ini juga membuat vlog pembuatan gado-gado. Unggahannya tersebut telah ditonton oleh hampir 500 ribu kali dengan komentar lebih dari 1.200 komentar.

Nah walaupun asal usul gado-gado ini masih misterius, ternyata makanan ini sangat popular di Indonesia dan mancanegara. Bahkan saat ini kamu sudah bisa menemukan penjual gado-gado di luar negeri. Rasanya yang lezat dan bergizi membuat makanan ini banyak diburu masyarakat, termasuk para ekspatriat. skm


Share

Comments

Leave a comment