Kenalan dengan Nasi Kuning, yuk!

image
Mar03

Kenalan dengan Nasi Kuning, yuk!

2017-03-18 09:04:27 0 Comments

Nasi sudah jadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Nggak heran banyak olahan nasi yang menarik untuk disantap di Nusantara ini, nasi kuning salah satunya. Mau tau varian nasi kuning yang ada di Indonesia? ya udah, sekarang kenalan dengan nasi kuning, yuk!

Setiap daerah pasti memiliki varian dan resep nasi kuning yang berbeda-beda sesuai ke khas-an daerahnya. Meski bahan dasarnya terbuat dari beras. Beras tersebut dimasak dengan campuran kunyit, santan, dan rempah-rempah. Tambahan-tambahan bumbu itulah yang membuat rasa nasi kuning lebih gurih daripada nasi biasa.

Nasi kuning biasa disajikan saat acara syukuran, selamatan, pernikahan, ulang tahun. Bentuknya beragam, ada yang berbentuk tumpeng, karakter hewan, bahkan karakter kartun. Nasi kuning disajikan bersama lauk pauk. Lauk pauk yang tersaji juga berbeda sesuai daerah masing-masing. Bahas ke khas-an nasi kuning dan lauk pauknya, yuk!

Nasi Kuning ala Jawa.

di Jawa hidangan nasi kuning seringkali dijadikan salah satu menu istimewa ketika mengadakan acara-acara tertentu. Hanya saja untuk nasi kuning nyaidentik dengan lauk pauk yang berasal dari Jawa. Diantaranya, gudeg telur, oseng-oseng tempe, perkedel, kerupuk, bawang goreng, acar dengan tambahan sambal yang khas.

Nasi Kuning ala mayarakat Jawa Barat.

Di sini, nasi kuning biasa di santap untuk sarapan, makan siang, bahkan dinikmati dikonsumsi saat makan malam. Lauknya berupa irisan telur, oreg tempe, bihun goreng, bawang goreng, kerupuk. Ada juga yang ditambah ayam goreng dan sambal agar lebih istimewa. Sambalnya memiliki rasa pedas, agak sedikit manis, gurih karena dicampur dengan terasi.

Nasi Kuning ala Bali.

Bali merupakan pulau wisata yang terkenal dengan kuliner khasnya. Tak terkecuali nasi kuning. Nasi kuning Bali tidak hanya gurih dan lezat tetapi juga memiliki cita rasa pedas.

Bahan-bahan yang harus disipakan yaitu beras, bawang merah, terasi, cabai rawit, merica, garam, bawang putih, dan kunir. Nasi kuning khas Bali dihidangkan dengan sambal goreng Bali, daun kemangi, dan kecambah segar.

Nasi Kuning ala Kalimantan.

Di Kalimantan, nasi kuning biasa disantap di pagi hari untuk sarapan. Bahan-bahan yang dibutuhkan sama seperti daerah lainnya, hanya saja ditambah rempah-rempah khas Kalimantan. Disajikan bersama oreg tempe, mie goreng, sambel dan khasnya disini, tersaji ayam atau telur bumbu habang. Di daerah lain tidak ada yang seperti ini.

Bumbu habang khas Kalimantan ini punya cita rasa yang tidak pedas meski berwarna merah. Siapapun bisa menyantapnya. Bumbunya kental dan gurih. Yang pernah menikmatinya pasti ketagihan karena legit rasanya.

Kamu yang ingin menikmati nasi kuning khas Kalimantan, kini tidak perlu jauh-jauh terbang ke sana. Di Jakarta kini sudah ada Si Kuning Mantan yang menyediakan nasi kuning dengan bumbu habangnya yang nikmat. Jika ingin pesan tidak perlu keluar rumah, cukup kunjungi fanpage Si Kuning Mantan, pilih menu yang diinginkan, lalu pesan ke 0852 8738 4177. Fast respond dan helping banget. Yuk, order sekarang. skm

Baca Juga : Solusi Masak Bebek Empuk dan Bebas Amis


Share

Comments

Leave a comment