Lezatnya Nasi Ulam, Gurih dan Khas Rempah-rempah

image
Feb02

Lezatnya Nasi Ulam, Gurih dan Khas Rempah-rempah

2019-02-27 04:36:19 0 Comments

Membuka hari dengan hidangan nasi ulam spesial dan serundeng rasanya menjadi pilihan tepat. Rasa gurih bercampur citarasa rempah-rempah yang khas dalam nasi ulam menjadi kenikmatan yang sulit terungkapkan.

Nasi ulam merupakan salah satu nasi berbumbu khas Indonesia yang pada dasarnya merupakan kuliner khas Melayu. Nasi ini biasanya diberi bumbu yang begitu kaya rempah-rempah. Tetapi satu hal yang menjadi kekhasan dari nasi ulam yakni terletak pada bumbunya dimana bumbu nasi ulam sendiri selalu terdapat daun pegagan yang bisa juga diganti dengan daun kemangi.

Di Jakarta, daerah yang menjadi asal nasi ulam, kehadiran nasi ulam menawarkan citarasa gurih yang berasal dari tambahan serundeng kelapa sangrai. Nasi ulam di sini juga biasanya dihadirkan dengan kelengkapan campuran sambal, daun kemangi, serta kacang tumbuk yang membuat momen makan jadi lebih nikmat.

Baca juga : Nasi Kuning Bento Praktis Banget

Berbicara nasi ulam, biasanya nasi ulam dihadirkan dengan nasi pera yang disiram dengan semur kentang, semur tahu atau semur telur. Tidak hanya itu, nasi ulam juga kerap ditambahkan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar iris, urap, dan perkedel kentang. Kenikmatannya juga semakin komplit dengan tambahan daun kemangi, sambel, bawang goreng, dan taburan kacang tanah tumbuk.

Nasi ulam sendiri merupakan makanan khas Betawi dan mendapatkan pengaruh dari budaya kuliner China. Biasanya terdapat dua jenis yakni nasi ulam berkuah (basah) dan nasi ulam tidak berkuah (kering). Untuk nasi ulam yang berkuah biasanya berasal dari Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Sementara untuk nasi ulam kering berasal dari Jakarta Selatan.

Bagi yang ingin menikmati nasi ulam spesial di tengah-tengah keluarga, mengolah sendiri di rumah bisa menjadi pilihan. Kehadiran nasi ulam spesial, gurih dan khas rempah-rempah di tengah keluarga tentu bakal menyemarakkan agenda makan bersama di rumah.

Membuatan nasi ulam tidaklah sulit. Semua bahan nasi ulam dapat dengan mudah didapatkan di pasar tradisional. Selain itu, kamu juga dapat dengan leluasa mengkreasikan nasi ulam dengan berbagai lauk pauk sesuai selera. Hmm, jadi nggak sabar ya segera menyantap nasi ulam di rumah bersama keluarga? Yuk, coba sendiri bikin di rumah!

Share

Comments

Leave a comment