Manjakan Anak dengan Sate Telor dan Sate Jeroan

image
Des12

Manjakan Anak dengan Sate Telor dan Sate Jeroan

2022-12-31 17:03:50 0 Comments

Sudah masuk masa liburan anak sekolah tapi enggak punya rencana ke luar kota. Tak apa. Manjakan anak dengan sate telor dan sate jeroan, yuk!

Sate telor dan sate jeroan biasanya disajikan sebagai makanan pendamping bubur ayam, soto dan menu angkringan. Meski disebut makanan pendamping, karena rasanya yang lezat dan gurih jadi terasa wajib. Jika tidak ada, terasa ada yang hilang.

Supaya anak-anak tidak bosan di rumah selama liburan, manjakan anak dengan sate telor dan sate jeroan, yuk. Bikinnya cukup mudah. Namun cukup tricky. Apalagi mengolah usus, bila tidak bersih. Rasa sate usus akan jadi tidak lezat.

Sate Jeroan

Untuk membuat sate jeroan, umumnya yang dipilih jeroan ayam seperti usus, ati dan ampela. Sebelum diolah, bersihkan jeroan dengan air bersih yang mengalir. Karena biasanya yang dibeli di pasar tradisional belum bersih. Untuk mencuci usus dan ampela ayam seperti mengucek pakaian, dilakukan berulang-ulang hingga tidak tercium amis. Bila terasa sudah bersih, rendam dengan jeruk nipis atau lemon sekitar 10 menit. Kemudian cuci kembali dan direbus dengan daun salam, garam, bawang putih, agar amis benar-benar hilang.

Setelah direbus selama sekitar 10-15 menit, lumuri jeroan ayam dengan bumbu halus yang sudah ditumis, yaitu bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, kunyit, garam, gula pasir dan daun jeruk. Selanjutnya tusuk-tusuk jeroan ayam dengan tusuk sate dan siap dihidangkan.

Sate Telor

Bumbu yang digunakan untuk membuat sate telor seperti di angkringan dan bubur ayam berbeda. Karena sate telor di angkringan cenderung manis dan di bubur lebih gurih. Jika anak-anak lebih menyukai rasa manis, baiknya gunakan bumbu sate telor yang diangkringan.

Baca juga : Nona Manis Bisa Selezat Ini

Tahapan pembuatannya, rebus telor puyuh, kupas, cuci dan sisihkan. Haluskan rempah, bawang merah, bawang putih dan ketumbar. Rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, gula merah, garam, kecap manis dan telur. Masak hingga air hampir habis, angkat telur, dan mulai ditusuk hingga habis. Sajikan.

Mudah membuatnya bukan? Ayo manjakan anak dengan sate telor dan sate jeroan selama liburan supaya mereka betah dan enggak jajan ke luar. skm


Share

Comments

Leave a comment