Mari Mengenal Kalimantan Timur lewat Nasi Kuning

image
Jan01

Mari Mengenal Kalimantan Timur lewat Nasi Kuning

2018-01-29 12:23:11 0 Comments

Mungkin tak banyak orang yang tahu tentang provinsi yang ujung timurnya berbatasan dengan Negara Malaysia ini. Selain memiliki objek wisata yang mempesona, Kalimantan Timur juga mempunyai makanan khas yang menjadi objek kuliner para wisatawan. Ya, apalagi kalau bukan nasi kuning? Mari Mengenal Kalimantan Timur lewat Nasi Kuning.

Nasi kuning khas Samarinda ini memiliki keunikan rasa tersendiri. Tak hanya itu, jika masyarakat di Pulau Jawa hanya mendapati nasi kuning pada waktu-waktu tertentu, berbeda dengan masyarakat di Samarinda. Keberadaan nasi kuning di kota ini dapat kita jumpai sepanjang hari, di mana saja dan kapan saja.

Bahkan ada satu tempat di Jalan Lambung Mangkurat yang dikenal dengan nama “Kampoeng Nasi Kuning.” Keberadaan kampung nasi kuning ini telah diresmikan oleh Pemerintah Kota Samarinda pada tahun 2011 lalu. Jadi, kalau Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa menyisihkan waktu untuk berburu kuliner khas Samarinda di tempat ini ya.

Nasi kuning yang dijajakan di Kampoeng Nasi Kuning, dapat dinikmati tak hanya di pagi hari tapi juga malam hari. Nasi kuning yang dijajakan adalah nasi kuning special, memiliki ciri khas tersendiri dengan lauk ikan haruan-nya yang sangat terkenal. Tak hanya itu, menu nasi kuning Samarinda juga memiliki beragam menu yang membuat santapan satu ini tidak membosankan.

Kelezatan nasi kuning khas Samarinda sudah banyak diakui sebagai salah satu yang memiliki kelezatan dan cita rasa unik. Nasinya gurih karena dimasak dengan santan kental, warna kuning yang dihasilkan menjadi lebih terang dan mengkilap serta alami karena terbuat dari kunyit, bukan pewarna.

Baca juga : Liburan ke Gresik Wajib Cicipi Nasi Krawu

Bumbunya pun dibuat istimewa, yaitu bumbu “Habang” bumbu khas masakan Suku Banjar, dengan lauk ikan haruan serta tambahan bawang goreng dan serondeng yang akan membuat nasi kuning menjadi semakin nikmat.

Soal harga, tak perlu khawatir. Untuk menikmati satu porsi nasi kuning khas Samarinda ini, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup dengan Rp 8.000 – Rp 18.000 saja, sudh bisa menikmati lezatnya satu porsi nasi kuning dengan lauk ikan haruan. Skm



Share

Comments

Leave a comment