Memasak Nasi Kuning Punel Khas Kalimantan

image
Nov11

Memasak Nasi Kuning Punel Khas Kalimantan

2017-11-10 10:45:08 0 Comments

Siapa yang tak tahu nasi kuning? Hampir seluruh masyarakat Indonesia, kenal dengan nasi satu ini. Ya, nasi kuning memang sangat lekat dengan keseharian masyarakat kita, terutama pada acara syukuran atau perayaan. Nasi kuning sering disajikan secara khusus dalam wujud tumpeng. Bahkan di Kalimantan, nasi kuning ini sudah menjadi menu keseharian. Namun tak banyak orang yang tahu cara memasak nasi kuning punel khas Kalimantan ini.

Di Kalimantan, nasi kuning disajikan dengan habang (bumbu merah, sejenis sambal), plus serundeng atau abon kelapa, lengkap dengan lauk pauk. Aroma kunyit dan santannya pun sangat harum tercium saat nasi kuning dihidangkan. Tak heran, bila banyak yang suka dengan nasi kuning khas Kalimantan ini.

Ada banyak bahan yang harus disiapkan untuk memasak nasi kuning punel khas Kalimantan ini, seperti beras, kunyit, batang serai, daun salam, dan garam. Untuk membuat nasi kuning, pertama kunyit diparut dan campur ke dalam air. Lalu, masukkan beras yang sudah dicuci bersih dan tunggu 30 menit. Setelah selesai, masukkan beras ke dalam dandang dan tambahkan air lalu masak sampai setengah matang.

Baca juga : Rasa Otentik Nasi Kuning Kalimantan di Jakarta

Sambil menunggu, panaskan santan dan campur dengan sisa bahan tadi, lalu aduk-aduk dan tambahkan perasan jeruk nipis. Angkat nasi dan campurkan dengan santan ini. Peras, lalu kembalikan lagi ke dalam dandang dan masak hingga matang. Nasi kuning pun siap disajikan dengan beragam lauk pauk.

Nah, jika Anda tidak mau repot tapi tetap ingin merasakan nikmatnya nasi kuning punel khas Kalimantan ini, Anda bisa mencoba Si Kuning Mantan. Ya, Si Kuning Mantan merupakan nasi kuning khas Kalimantan yang sangat gurih dan lezat. Nasinya juga sangat punel, tidak terlalu keras ataupun terlalu lembek. Rasanya unik, karena terbuat dari paduan bumbu rempah-rempah yang sangat pas.

Dengan harga terjangkau kantong, Anda bisa menikmati seporsi lezat nasi kuning khas Kalimantan dengan lauk ayam yang dimasak habang. Habang merupakan salah satu masakan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dalam bahasa banjar, habang artinya merah. Maka habang ini, sejenis sambal yang berwarna merah. Tapi jangan khawatir merasa pedas dengan habang. Meski warnanya merah, tapi habang tidak pedas karena dicampur dengan bumbu-bumbu rempah lainnya. Tertarik mencoba? skm

Share

Comments

Leave a comment