Menu Favorit Hari Raya Idul Fitri

image
Mei05

Menu Favorit Hari Raya Idul Fitri

2020-05-21 13:55:45 0 Comments

Untuk pertama kalinya, tahun ini Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan cara berbeda. Tetapi bukan berarti tanpa makanan khas nan lezat. Apa saja menu favorit Hari Raya Idul Fitri?

Indonesia memiliki banyak ragam menu favorit Hari Raya Idul Fitri. Beda daerah, pasti beda menunya. Tetapi dari sekian banyak menu yang ada, berikut ini adalah menu favorit yang ada di setiap daerah saat lebaran.

Rendang

Makanan asal Sumatera Barat ini sudah menyebar dan disukai oleh masyarakat di banyak daerah di Indonesia. Jadi tidak heran, bila rendang pasti tersaji di meja makan saat Hari Raya Idul Fitri.

Untuk membuat rendang dibutuhkan daging sapi yang ada di bagian paha. Menurut pakar kuliner William Wongso, bagian ini yang paling pas dan enak dibuat rendang. Selain itu, membutuhkan santan kelapa dan kelapa parut. Untuk 1 kilo daging rendang, biasanya ditambahkan satu buah kelapa parut. Rendang yang enak, umumnya empuk, bumbunya pun meresap hingga ke dalam.

Soto Banjar

Di Kalimantan selatan dan Kalimantan timur, menu yang satu ini pasti ada di hari raya. Menu berkuah dengan rasa gurih ini mampu menghangatkan moment spesial dengan sempurna. Kuahnya yang gurih, potongan ayam yang empuk juga gurih dinikmati bersama bihun, telur rebus, air jeruk nipis dan sambel, nikmatnya luar biasa. Apalagi jika dinikmati bersama keluarga tercinta.

Baca juga : Ciri-ciri Kue Kering Lebaran yang Enak

Nasi Kuning

Sama dengan soto Banjar, menu yang satu ini juga biasa dihidangkan di Hari Raya Idul Fitri oleh masyarakat Kalimantan timur dan selatan. Biasanya nasi kuning dihidangkan bersama ikan, ayam, telur atau daging yang dibumbui habang (bumbu merah).

Rawon

Masakan khas Jawa Timur ini cukup spesial. Maka tak jarang warga Surakarta khususnya menyajikan menu ini di Hari Raya Idul Fitri. Membuat rawon cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan daging sapi yang dipotong kecil-kecil, rempah-rempah (bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kluwek, kunir, serai, daun jeruk, lengkuas), dan kaldu.

Rawon disajikan bersama nasi hangat dan dilengkapi tauge kecil yang sudah direbus. Tak lupa daun bawang, sambal dan jeruk nipis.

Semur Daging

Salah satu warisan kuliner Indonesia ini sering disajikan di hari lebaran, terutama bagi warga Jepara. Berbahan dasar daging sapi, menu ini diolah dengan kecap manis dan kuah encer. Terkadang ditambahkan tahu atau kentang. Tak perlu waktu lama membuat semur kentang, hanya 45 menit. Daging yang digunakan merupakan daging sengkel.

Nasi Kebuli

Menu asal Timur Tengah ini, juga suka disajikan di hari lebaran loh. Rasanya yang unik, jadi alasan beberapa orang menyajikannya. Umumnya nasi kebuli menggunakan daging kambing tetapi kini sudah bisa diganti dengan daging sapi dan ayam.

Dari menu-menu di atas, mana menu favorit Hari Raya Idul Fitri kamu? Dapatkan semua menu favorit kamu Si Kuning Mantan. Book sekarang, mumpung slot masih ada. skm

Share

Comments

Leave a comment