Perbedaan Pecel, Gado-gado, Lotek dan Karedok

image
Apr04

Perbedaan Pecel, Gado-gado, Lotek dan Karedok

2022-04-10 15:10:20 0 Comments

Sama-sama berbahan dasar sayuran dan bumbu kacang, ternyata ada perbedaan pecel, gado-gado, lotek dan karedok. Mau tahu detail?

Keempat makanan asli Indonesia ini berbahan dasar sayuran dan menggunakan bumbu kacang, tapi kenapa namanya berbeda? Ayo cari tahu, biar kamu makin paham dan mencintai makanan tanah air.

Gado-gado

Gado-gado adalah salad asli Indonesia. Meski bahan utamanya adalah sayuran, namun nggak semua sayuran di dalamnya harus direbus terlebih dahulu. Di sinilah perbedaan utama antara pecel dengan gado-gado. Gado-gado adalah kombinasi dari sayuran mentah dan yang telah direbus.

Baca juga : Berbuka dengan Bubur Candil

Di dalam gado-gado, kamu juga bisa menemukan campuran kentang rebus, tempe, dan tahu untuk memperkaya tekstur dan rasa. Terakhir, baluri semua bahan tadi dengan bumbu kacang. Paling nikmat kalau makan gado-gado pedas dan ada tambahan kerupuknya.

Lotek

Makanan khas dari daerah Jawa Barat ini pun berisi sayuran seperti, kol, taoge, kacang panjang, kangkung dan bayam. Meskipun sama-sama dibaluri bumbu kacang, namun lotek memiliki perbedaan mendasar dari pecel, khususnya dalam hal penggunaan kencur.

Selain itu, saat membuat lotek, sayuranlah yang ditumpahkan di atas bumbu kacang, bukannya bumbu kacang yang disiramkan ke sayuran. Sayuran ini kemudian diaduk-aduk agar bumbu bisa merata. Di dalam lotek juga bisa ditemukan potongan gorengan atau kentang yang membuatnya menjadi lebih nikmat.

Pecel

Pecel dikenal luas sebagai makanan khas yang berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di setiap kota atau kabupaten, pecel bisa memiliki ciri khas tersendiri. Hanya, karena bahan dan cara membuatnya mudah, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Apalagi bumbu pecel juga bisa didapatkan di berbagai tempat.

Pecel terdiri dari berbagai sayuran seperti bayam, taoge, kacang panjang, kecipir, dan lain-lain. Semua bahan sayuran tersebut direbus dan kemudian ditiriskan. Anda tinggal menyiram bumbu kacang dengan air panas dan mencampurnya hingga mengental. Setelahnya, bumbu kacang yang cair ini disiramkan pada sayuran tersebut. Pecel sangat nikmat jika dikonsumsi dengan nasi hangat. Apalagi jika dimakan bersamaan dengan peyek yang kriuk dan gurih.

Karedok

Karedok dikenal sebagai makanan yang dibuat dari sayuran segar yang mentah seperti kacang panjang, taoge, kol, dan mentimun. Hal ini yang membedakan karedok dengan pecel, gado-gado, serta lotek. Di dalam karedok juga terdapat campuran daun kemangi yang membuatnya jadi lebih harum. Karedok dimakan pakai krupuk, top markotop.

Mana pilihan olahan sayuran yang paling kamu suka? Semua menu di atas bisa didapatkan selama kamu melakukan order dengan admin Si Kuning Mantan. skm

Share

Comments

Leave a comment