Siapa Bilang Masak Rawon Sulit?

image
Agt08

Siapa Bilang Masak Rawon Sulit?

2019-08-01 00:33:25 0 Comments

Kalau ada yang bilang masak rawon itu sulit, mungkin karena dia belum pernah mencoba. Di dunia ini tidak ada yang sulit kok. Semuanya mudah, apalagi jika semua bahan sudah tersedia. Baca resep, gunakan feeling, itu kuncinya. Siapa berani coba?

Rawon, makanan khas Jawa Timur yang cukup populer. Sajian berwujud sup ini memiliki ciri unik dilihat dari warna kuahnya yang gelap. Warna hitam pekat, didapat karena ada tambahan keluak atau kluwek di dalamnya. Penambahan ini juga membuat masakan mempunyai aroma yang khas.

Menariknya, keluak sebenarnya termasuk bahan yang beracun. Agar racunnya hilang, biji pohon kepayang ini tidak langsung dimasak. Setelah dipetik, direbus dulu baru kemudian difermentasi. Fermentasi dilakukan dengan mengubur keluak dalam tanah, sambil ditutupi abu dan daun pisang selama 40 hari. Nah, selama proses inilah, daging keluak yang putih berubah jadi hitam. Setelah perubahan ini baru bisa diolah.

Lalu, bagaimana membuat rawon yang lezat? Diawali dengan memilih kluak, yaitu ;

1.   Kocok-kocok keluak di telinga. Kalau berbunyi, pilih yang bunyinya lebih lembut, tidak nyaring. Yang nyaring berarti keras sehingga akan sulit diolah.

2.   Jangan memilih keluak yang kulitnya sudah keriput atau terlalu kering. Itu pertanda keluak sudah agak lama dan beraroma tak sedap.

Selanjutnya, olah daging tetelan sampai empuk. Setelah empuk potong menjadi dadu. Lalu, siapkan bahan dasar/bumbu, bawang merah, bawang putih, serai, jahe, kunyit, lengkuas, cabai, dan garam. Berikutnya, haluskan semua bumbu, kecuali serai dan lengkuas. Tumis bumbu hingga harum, campurkan ke dalam kaldu hasil rebusan daging dan kluwek.

Baca juga : Lupis Jajanan Lawas yang Tetap Dicari

Rawon disajikan dengan nasi putih, tambahan toge kecil, kerupuk, telur asin, jeruk nipis. Makanan ini sangat nikmat jika disantap saat hangat. Jangan lupa sediakan pula teh hangat untuk menambah kenikmatan.

Menu yang satu ini akan segera hadir sebagai varian menu baru Si Kuning Mantan. Tungguin dan jangan lupa order ya….


Share

Comments

Leave a comment