Suka Tongseng Daging Apa?

image
Feb02

Suka Tongseng Daging Apa?

2022-02-20 22:56:51 0 Comments

Apakah kamu penggemar daging kambing? Tentu tidak asing dengan tongseng daging kambing yang lezat itu. Tongseng memang awalnya berbahan dasar daging kambing atau domba, tetapi berjalannya waktu mengalami modifikasi. Kini tongseng bisa menggunakan daging ayam, kerbau, sapi bahkan kelinci. Suka tongseng daging apa?

Dilansir dari berbagai sumber, tongseng ada di Indonesia sejak abad ke-18 hingga 19 masehi. Masa itu, bangsa Arab dan India mulai berdatangan ke Indonesia untuk berniaga. Banyak hal yang terjadi saat mereka datang dan tinggal, diantaranya terjadi modifikasi kuliner.

Dua bangsa tersebut memperkenalkan ragam hidangan kambing dan domba. Para pendatang ini kebanyakan hanya makan dagingnya saja, sementara jeroan dan tulangnya tidak dimanfaatkan. Oleh masyarakat setempat diolah menjadi gulai. Pembuatan gulai menggunakan bumbu rempah dan santan kental.

Baca juga : Gurihnya Tumis Cumi Cabe Hijau

Lalu, bertepatan dengan berproduksinya pabrik gula pasir, gula merah dan pabrik kecap, maka masyarakat di selatan Jawa meracik menu baru dan terciptalah “Tongseng. Tak hanya ditambahkan kecap, ada juga bumbu lainnya, irisan tomat dan kubis.

Tongseng diyakini berasal dari Kecamatan Klego, Boyolali, Jawa Tengah dan kemudian menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Dengan tersebarnya resep tongseng, ada beberapa orang yang tidak bisa memakan jeroan atau tulang kambing, sehingga merubahnya dengan daging sapi, daging kerbau, daging ayam bahkan daging kelinci. Kira-kira lebih suka tongseng daging apa?

Kamu yang ingin menikmati tongseng daging sapi, kambing, atau ayam untuk makan siang bisa menghubungi admin Si Kuning Mantan. Level rasa pedasnya juga bisa direquest. Silahkan hubungi admin H-1, untuk memastika ketersediaan bahan makanan. Hubungi sekarang! skm

Share

Comments

Leave a comment