Tips Memasak Nasi Tetap Awet dan Sehat

image
Nov11

Tips Memasak Nasi Tetap Awet dan Sehat

2018-11-18 17:51:02 0 Comments

Pasti bingung kenapa masak nasi selalu basi, padahal baru masak tadi pagi. Eh, sore hari sudah basi. Hilangkan rasa bingung kamu dengan tips memasak nasi tetap awet dan sehat.

Memasak nasi termasuk tugas yang mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Apalagi dengan bantuan alat penanak nasi. Kamu yang tidak bisa masak pun jadi bisa. Cukup cuci bersih beras, lalu masukkan ke alat penanak nasi, tambah air dan tekan tanda cook atau cooking yang ada di alat tersebut. Tunggu sekitar 15 menit nasi matang dan siap disantap.

Baca juga : Jajanan Pasar Selalu Dirindu

Meski demikian, kemudahan ini belum bisa menjamin nasi tetap awet dan sehat loh. Pasalnya, beberapa kasus yang terjadi nasi mudah basi karena alat penanak nasi rusak. Dan, tanpa alat tersebut kamu jadi tidak bisa memasak.

Berikut tips memasak nasi tetap awet dan sehat.

1.     Cuci bersih beras yang akan dimasak jangan sampai masih ada bakteri menempel pada bulir-bulir beras. Beras yang bersih ditandai dengan beningnya air cucian beras.

2.     Pastikan tempat penyimpanan nasi bersih. Tempat penyimpanan nasi yang kotor akan memudahkan nasi cepat basi.

3.     Takaran air untuk memasak nasi pastikan tidak terlalu banyak. takaran air yang terlalu banyak akan mengakibatkan nasi menjadi cepat basi dan tidak tahan lama, karena nasi akan mengeluarkan air seperti lendir.

4.     Tambahkan perasan air jeruk lemon. jika memasak beras sebanyak 1 liter, tambahkan ½ buah air perasan jeruk lemon. Perasan lemon ke dalam nasi yang ditanak bertujuan menjaga kualitas nasi. kadar asam pada lemon mampu melindungi nasi dari suhu panas yang muncul dari elemen rice cooker serta menghambat pertumbuhan bakteri yang membuat nasi basi.

5.     Masak nasi dengan cara tradisional. Caranya, cuci bersih beras yang akan dimasak. Selanjutnya, masukkan ke dalam panci dan tambahkan air sesuai takaran. Aduk beras hingga berubah menjadi nasi aron. Lalu, diamkan sekitar 15 menit.

Kemudian, masukkan beras yang setengah matang (nasi aron) ke dalam panci kukus sekitar 30 menit. Setelah matang, angkat dan dinginkan hingga hawa panas nasi hilang. Hawa panas nasi yang tidak keluar saat disimpan di tempat tertutup, memungkinkan nasi cepat basi.

6.     Simpan nasi yang telah matang di tempat tradisional seperti ceting atau tempat yang memiliki rongga-rongga, supaya hawa nasi bisa keluar. Nikmati nasi dalam kondisi dingin, agar lebih sehat.

Ternyata mudahkan memasak nasi tetap awet dan sehat. Jangan bingung lagi ya. Selamat memasak! skm


Share

Comments

Leave a comment