Varian Sambel yang Menggigit

image
Feb02

Varian Sambel yang Menggigit

2018-02-18 22:22:35 0 Comments

Kegemaran orang Indonesia menikmati sambel tidak terlepas dari faktor kebiasaan dan sensasi yang dirasakan saat menyantapnya. Sambel membuat orang nafsu makan. Apalagi varian sambel yang menggigit.

Indonesia punya banyak jenis varian sambel, yang terkenal dan sering dinikmati adalah sambel tomat, sambel terasi, sambel bajak atau bawang yang kini hits, sambel matah, sambel kecap, sambel hijau, sambel dabu-dabu dan sambel kacang. Mari kita bahas varian sambel yang menggigit ini.

Sambel Tomat. Bahan dasarnya cabai rawit dan cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, gula dan tentu saja yang tidak boleh ketinggalan tomat. Tomat yang dipakai bisa tomat sayur atau tomat buah. Bedanya, tekstur tomat buah crunchy dan sedikit manis. Sambel ini agak sedikit berair. Agar tahan lama digoreng saja. Jika sudah tidak dimakan masukkan ke dalam kulkas.

Sambel Terasi. Bahan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan sambel tomat, hanya saja tidak menggunakan tomat dan diganti terasi. Terasi yang dipakai, baiknya yang sudah dibakar atau digoreng supaya aroma terasinya lebih terasa. Ada dua jenis sambel terasi, sambel mentah dan sambel goreng. Sambel terasi mentah biasanya hanya untuk sekali makan dan dibuat dadakan. Sementara yang digoreng, lebih awet. Bisa tahan dua hari tanpa dimasukkan di dalam kulkas.

Baca juga : Ayo Buat Puding Ikan Koi dan Puding Telor Ceplok

Sambel Bajak atau Bawang. Untuk membuat sambel ini sangat gampang. Yang dibutuhkan hanya bawang putih, cabai rawit dan garam. Tetapi ada pula yang ditambahkan dengan bawang merah. Semua bahan diulek kemudian disiram sminyak panas. Rasa sambel ini terbilang cukup pedas, karena cabainya mentah. Dibuat dadakan untuk satu kali makan.

Sambal Kecap. Dari namanya saja kita sudah tahu bahan dasar apa yang digunakan. Tepat, Kecap. Berbeda dengan jenis sambal lainnya, untuk membuat sambal yang satu ini seluruh bahan kecuali kecap cukup diiris. Bahannya antara lain, bawang merah, cabai rawit, tomat.

Sambal Hijau. Sambel ini dibuat dari cabai hijau besar dan cabai rawit hijau yang dihaluskan. Sambal ini biasanya ditumis untuk menghilangkan aroma langu cabai hijau. Rumah makan padang biasa menyediakan sambel jenis ini.

Sambel Dabu-dabu. Sambal dabu-dabu ini mirip dengan bahan sambal kecap hanya saja dibuat tanpa kecap. Sambal ini merupakan sajian khas Manado. Rasanya cukup segar dan pedas menggigit. Biasnaya dinikmati bersama ikan bakar.

Sambal Matah. Sambel kreasi asal Bali ini berisi irisan cabai, bawang, dan batang serai. Semuanya bahan ini disiram dengan minyak panas. Nikmat!

Sambel Kacang. Sesuai namanya ada tambahan kacang tanah didalamnya. Cara membuatnya goreng kacang, cabai merah atau cabai rawit, garam, gula merah, bawang putih, terasi, asem jawa, kencur. Kemudian haluskan semua bahan daun jeruk yang sudah diiris. Jika semua bahan sudah tercampur rata, artinya sambel kacang siap disajikan bersama sayuran pecel.

Mana varian sambel menggigit favorit kamu? Nikmati varian sambel yang menggigit didalam paket menu Si Kuning Mantan. Tingkat kepedasannya bisa kamu request loh. Asik kan?! skm


Share

Comments

Leave a comment